Mengelola Otomatis Marketing
Mengelola Otomatisasi Marketing di Shopify adalah proses untuk mengatur kampanye pemasaran otomatis yang bisa membantu meningkatkan penjualan dan interaksi dengan pelanggan. Shopify menyediakan berbagai alat dan fitur yang memungkinkan otomatisasi marketing yang efektif.
Panduan ini juga bisa anda download pada link berikut : Mengelola Otomatis Marketing
Tipe Otomatisasi Marketing
Otomatisasi Marketing dari Shopify Email Merupakan fitur otomatisasi marketing yang dikirim melalui email oleh Shopify misalnya Abandoned checkout dan Abandoned cart.
Otomatisasi Marketing dari Aplikasi Pihak Ketiga Fitur otomatisasi marketing yang disediakan oleh aplikasi pihak ketiga yang diinstal dari Shopify App Store.
Buat Otomatisasi Marketing
Di Shopify Admin Anda dan buka menu Marketing > Automations.
Klik View templates untuk memilih template otomatisasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Welcome email, Abandoned checkout email, atau template lain yang tersedia.
Klik Use workflow.
Di bagian ini, Anda dapat mengubah detail campaign termasuk email lalu klik Turn on workflow untuk mengaktifkan Otomatisasi ini.
Edit Otomatisasi Marketing
Dari menu Marketing, pilih Automations untuk melihat daftar otomatisasi yang sudah Anda buat.
Klik pada nama otomatisasi yang ingin Anda edit.
Lakukan perubahan pada pengaturan, konten pesan, atau detail lainnya yang tersedia sesuai kebutuhan. Perubahan akan tersimpan secara otomatis.
Aktivasi Otomatisasi Marketing
Setelah membuat atau mengedit otomatisasi, klik Turn on workflow untuk mengaktifkannya.
Sedangkan untuk mengaktifkan otomatisasi yang telah dibuat sebelumnya, klik Turn on workflow untuk mengaktifkannya.
Reporting Otomatisasi Marketing
Anda dapat menggunakan fitur reporting pada otomatisasi marketing untuk mengevaluasi performa toko maupun campaign dengan cara:
Di bagian Marketing > Automations dan pilih otomatisasi yang ingin ditampilkan.
Anda dapat melihat metrik yang tersedia dengan mengklik View report untuk mengevaluasi kinerja campaign otomatisasi Anda.
Berdasarkan laporan yang ada, Anda dapat melakukan penyesuaian pada campaign otomatisasi untuk meningkatkan efektivitasnya.