Mengelola Pesanan

Penduan ini juga bisa Anda download pada link berikut : Mengelola Pesanan


Mengelola pesanan di Shopify melibatkan beberapa langkah, mulai dari melihat, memproses, hingga menyelesaikan pesanan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengelola pesanan di Shopify:

A. Melihat Pesanan

  1. Masuk ke akun Shopify Anda, kemudian pada menu di sebelah kiri, klik "Orders" (Pesanan).  Anda akan melihat daftar semua pesanan yang masuk.


  2. Klik pada pesanan tertentu untuk melihat detailnya, seperti informasi pelanggan, item yang dipesan, jumlah pembayaran, status pemenuhan (fulfillment), dan informasi pengiriman.


B. Memproses Pesanan

  1. Di menu Orders, klik pada pesanan yang ingin Anda proses untuk melihat detailnya.


  2. Tinjau informasi pesanan, seperti produk yang dipesan, jumlah, alamat pengiriman, dan metode pembayaran.

  3. Jika semua informasi sudah benar, klik "Fulfill item" (Penuhi item) untuk memulai pemenuhan pesanan.


  4. Pilih item yang akan dipenuhi (jika sebagian pesanan akan dipenuhi lebih dulu). Periksa detail fulfillment lalu klik Fulfill item.


  5. Setelah pesanan terpenuhi, Anda dapat mencetak label pengiriman jika menggunakan integrasi pengiriman Shopify dengan mengklik tombol Print > Print packing slips.


  6. Atau masukkan nomor pelacakan dari layanan pengiriman yang Anda gunakan dengan mengklik tombol Add tracking.


C. Mengelola Pesanan

  1. Jika pesanan menggunakan pembayaran belum dilakukan secara otomatis, buka detail pesanan dan klik Collect payment lalu pilih Mark as paid.


  2. Konfirmasi pembayaran dengan memilih Mark <nominal pembayaran> as paid untuk menyelesaikan transaksi.


D. mengelola Pengiriman

  1. Setelah mengirim pesanan, tambahkan informasi pelacakan (tracking) dengan mengklik Add tracking di halaman detail pesanan.


  2. Isikan Tracking number dan Shipping carrier. Centang Send notification email to customer jika ingin mengirimkan notifikasi email untuk pelacakan pengiriman ke pelanggan. Klik Save untuk menyimpan data.


E. Notifikasi Pelanggan

  1. Shopify secara otomatis mengirim email konfirmasi pesanan dan pengiriman.


  2. Tambahkan catatan khusus untuk pesanan di bagian Timeline jika ada informasi tambahan yang ingin Anda simpan atau komunikasikan dengan tim Anda.

19 Sep 2024
Share