Mengelola Pesanan
Penduan ini juga bisa Anda download pada link berikut : Mengelola Pesanan
Mengelola pesanan di Shopify melibatkan beberapa langkah, mulai dari melihat, memproses, hingga menyelesaikan pesanan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengelola pesanan di Shopify:
A. Melihat Pesanan
- Masuk ke akun Shopify Anda, kemudian pada menu di sebelah kiri, klik "Orders" (Pesanan). Anda akan melihat daftar semua pesanan yang masuk.
- Klik pada pesanan tertentu untuk melihat detailnya, seperti informasi pelanggan, item yang dipesan, jumlah pembayaran, status pemenuhan (fulfillment), dan informasi pengiriman.
B. Memproses Pesanan
- Di menu Orders, klik pada pesanan yang ingin Anda proses untuk melihat detailnya.
- Tinjau informasi pesanan, seperti produk yang dipesan, jumlah, alamat pengiriman, dan metode pembayaran.
- Jika semua informasi sudah benar, klik "Fulfill item" (Penuhi item) untuk memulai pemenuhan pesanan.
- Pilih item yang akan dipenuhi (jika sebagian pesanan akan dipenuhi lebih dulu). Periksa detail fulfillment lalu klik Fulfill item.
- Setelah pesanan terpenuhi, Anda dapat mencetak label pengiriman jika menggunakan integrasi pengiriman Shopify dengan mengklik tombol Print > Print packing slips.
- Atau masukkan nomor pelacakan dari layanan pengiriman yang Anda gunakan dengan mengklik tombol Add tracking.
C. Mengelola Pesanan
- Jika pesanan menggunakan pembayaran belum dilakukan secara otomatis, buka detail pesanan dan klik Collect payment lalu pilih Mark as paid.
- Konfirmasi pembayaran dengan memilih Mark <nominal pembayaran> as paid untuk menyelesaikan transaksi.
D. mengelola Pengiriman
- Setelah mengirim pesanan, tambahkan informasi pelacakan (tracking) dengan mengklik Add tracking di halaman detail pesanan.
- Isikan Tracking number dan Shipping carrier. Centang Send notification email to customer jika ingin mengirimkan notifikasi email untuk pelacakan pengiriman ke pelanggan. Klik Save untuk menyimpan data.
E. Notifikasi Pelanggan
- Shopify secara otomatis mengirim email konfirmasi pesanan dan pengiriman.
- Tambahkan catatan khusus untuk pesanan di bagian Timeline jika ada informasi tambahan yang ingin Anda simpan atau komunikasikan dengan tim Anda.
19 Sep 2024
Share